Kelebihan dan Kekurangan Linux Ubuntu Yang Wajib Diketahui

By admin posted 2019-11-21 02:43:41

    Ubuntu atau lebih tepat disebut dengan GNU/Linux adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan menjadi perangkat lunak sistem operasi yang bebas. Secara singkat dan jelasnya yaitu Ubuntu adalah sejenis sistem operasi yang berbasiskan Linux Debian.Sistem operasi Ubuntu ini termasuk salah satu jenis sistem operasi yang paling banyak digunakan khususnya pada sistem operasi berjenis open source. GNU/Linux Ubuntu menjadi salah satu sistem operasi pilihan para pengguna komputer, termasuk di Indonesia.

 

Memangnya apa saja kelebihan dan kekurangan Linux Ubuntu sehingga membuat sistem operasi ini menjadi salah satu jenis sistem operasi yang paling banyak dipakai oleh para pengguna komputer di luar sana?

 

Berikut adalah beberapa kelebihan serta kekurangan Linux Ubuntu :

 

Kelebihan Linux Ubuntu

 

1. Open Source

    Open source atau dengan kata lain bebas digunakan tanpa perlu mengkhawatirkan lisensi. Jadi tidak membutuhkan crack gak jelas. yang pada akhirnya hanya menghabiskan waktu dengan percuma untuk mencari serial number yang fake, crack, cheating license, atau tujuan lain yang serupa.

   Selain itu, setiap orang juga bebas berkontribusi untuk mengembangkan sistem operasi ini agar menjadi lebih baik ke depannya. Oleh karena itu, Linux Ubuntu menjadi salah satu sistem operasi yang bisa dikembangkan ke dalam berbagai macam sistem operasi lainnya sesuai dengan kepentingan atau keinginan si penggagas sistem operasi tersebut.

   Linux Ubuntu juga biasa digunakan di berbagai keperluan, seperti untuk mengelola server sendiri, dll. Karena Ubuntu juga salah satu sistem operasi yang paling sering digunakan untuk web server.

 

2. Lebih minim terkena virus.

   keamanan dari virus yang relatif lebih baik. Tentunya hal ini tidak menutup kemungkinan sistem operasi ini untuk terkena virus. Akan tetapi risiko, terkena virus bisa dibilang sangat kecil karena sistem operasi Linux dibandingkan dengan Windows yang sangat rentan sekali “demam” akibat gangguan jutaan virus di luar sana, karena sekarang virus bisa masuk dari berbagai sumber, salah satunya dari internet dan juga flash drive ketika digunakan secara bergantian.

 

3.Try it atau install inside Windows

   Jika baru pertama kali menggunakan Ubuntu, jangan khawatir karena Ubuntu itu keren.

Apa yang membuat Ubuntu keren?

   Jika masih belum familiar dengan Ubuntu bisa memanfaatkan fitur “Try it before you install it” atau Try Ubuntu yang berarti Anda bisa mencobanya terlebih dahulu. Mencoba memakai Ubuntu namun tanpa memerlukan proses install. Keren kan?

   Nah, jika sudah mulai mahir, Anda bisa segera install. Masih belum yakin? Tenang, masih ada pilihan yang tanpa risiko, yaitu Anda bisa “install Ubuntu inside Windows“, jadi jika ada suatu hal yang terjadi pada Ubuntu, Anda bisa langsung me-remove-nya via Control Panel di Windows.

 

4. Aplikasi bawaan yang cukup lengkap

   Jangan berpikir bahwa Ubuntu atau Linux pada umumnya itu sangat minim sekali aplikasi. Buktinya, Sistem operasi GNU/Linux Ubuntu pada umumnya akan memberikan bundle aplikasi yang cukup lengkap setelah kita menginstallnya. Bahkan apabila Anda menginginkan sistem operasi dengan tujuan khusus seperti untuk penetration testing, aplikasi yang diperlukan bisa jadi telah diinstal sejak awal sehingga Anda tidak perlu mempersiapkan aplikasi tambahan lagi. aplikasi Ubuntu ada banyak sekali yang bisa langsung digunakan, bahkan itu sudah standar office . Karena Ubuntu sudah tersedia office bawaan, yaitu LibreOffice. Mengenai lisensinya bagaimana? Jangan khawatir untuk lisensi pada LibreOffice gratis.

 

5. Driver relatif lengkap

   Anda tidak perlu khawatir driver tidak berfungsi dengan baik apabila Anda menggunakan Linux Ubuntu. Sebab, sistem operasi ini memiliki driver yang terus berkembang secara luas.  Jadi, Anda tak perlu khawatir apabila driver yang Anda install tidak dapat digunakan karena hal tersebut dapat ditangani oleh sistem operasi ini.

 

6. Software center yang memadai

   Selain beberapa keunggulan di atas, salah satu keunggulan lain yang dimiliki oleh sistem operasi Linux Ubuntu adalah adanya software center yang memadai. Software center ini membuat kita bisa menginstall aplikasi dengan mudah dan cepat, layaknya situs download aplikasi khusus Linux. Dengan perkembangan software manager Linux seperti Flatpack, maka penggunaan software center jadi semakin memudahkan kita dalam mencari aplikasi yang sesuai dengan yang kita butuhkan serta tidak memerlukan waktu yang lama untuk melakukan instalasi.

 

7. UI (user interface) atau tampilan yang keren.

   Tampilan GUI (Graphical user interface) Ubuntu mempunyai ciri khas tersendiri yang memungkinkan penggunanya nyaman dan betah berlama-lama mengoperasikannya.Tampilan GUI Ubuntu juga bisa diubah sesuai dengan selera yang Anda miliki dan merupakan salah satu perbedaan Linux dengan Windows.

 

8. Boot time dan shutdown time (relatif) lebih cepat.

   Ketika pertama kali boot, Ubuntu relatif lebih cepat dibandingkan dengan Windows. bahkan pada hardware yang sama persis. Apalagi dengan shutdown time-nya. Cepet banget deh pokoknya.

 

Kekurangan Linux Ubuntu

 

1. Tampilan menuntut adaptasi

   Bagi setiap pengguna baru sistem operasi GNU/Linux, dibutuhkan tahap adaptasi untuk beradaptasi dengan tampilan antarmuka yang diberikan. Tidak hanya itu, mereka juga harus mempelajari terlebih dahulu mengenai terminal, root, dan berbagai masalah lainnya. Pada beberapa kasus, hal ini bisa saja menyulitkan para pengguna yang ingin mendapatkan pengalaman pertama yang mudah.Akan tetapi, seiring dengan belajar, maka hal ini bisa diatasi dengan mudah mengingat para pengguna pada umumnya tidak perlu mengetahui sesuatu dengan lebih detail. Dengan kata lain, sejauh yang mereka butuhkan saja.

 

2. Aplikasi yang tersedia masih sedikit apabila dibandingkan dengan sistem operasi lain

   Aplikasi yang tersedia memang relatif sedikit apabila dibandingkan dengan aplikasi untuk sistem operasi Windows. Namun hal ini relatif dan tergantung dari penggunanya itu sendiri, mengingat kebutuhan dari setiap orang tentu berbeda. Jadi, sebutan sedikit atau tidaknya aplikasi Ubuntu tergantung dari user-nya itu sendiri.

 

3. Kurang cocok untuk gaming

   Kekurangan berikutnya yang mungkin akan sangat dirasakan oleh mereka yang ingin bermain game di laptop yang mereka miliki adalah aplikasi gaming yang bisa dikatakan sangat sedikit dibuat pada platform Linux. Tentu saja hal ini akan membuat pengalaman bermain game di sistem operasi Linux Ubuntu menjadi kurang menyenangkan. Akan tetapi, hal ini tergantung pada para penggunanya sendiri, apakah mereka ingin menggunakan game atau tidak. Sebab gaming memang bukanlah satu-satunya tujuan utama seseorang dalam mengoperasikan komputernya.

Itulah beberapa informasi penting mengenai kelebihan dan kekurangan Linux Ubuntu.

Untuk mendownload software linux anda dapat unduh disini