Trik Ampuh Mengatasi Koneksi WiFi yang Lemot Tanpa Harus Beli Router Baru

By admin posted 2019-11-21 23:56:22

   Perkembangan teknologi tidak bisa dipungkiri lagi dari tahun ke tahun semakin berkembang pesat, seperti pada pembahasan kali ini yaitu tentang wifi, wifi merupakan salah satu bentuk dari perkembangan teknologi, berikut adalah ulasan yang sudah penulis dapatkan dari berbagai macam sumber tentang cara mengatasi wifi yang lemot tanpa harus membeli router baru.

 

     Apa itu wifi dan router? Kebanyakan orang tahu bahwa wifi adalah suatu alat yang digunakan untuk mendapatkan sebuah jaringan internet yang biasa terdapat di tempat – tempat nongkrong seperti cafe, restoran, mall dan sebagainya, Berikut penjelasan secara singkat tentang apa itu wifi dan router secara umum.

 

Apa itu WiFi?

 

     WIFI adalah singkatan dari “Wireless Fidelity” yaitu suatu teknologi komunikasi nirkabel yang memanfaatkan gelombang radio untuk menghubungkan dua perangkat atau lebih untuk dapat saling bertukar informasi. WIFI atau yang biasa ditulis dengan “Wi-Fi” ini pertama kali ditemukan oleh perusahaan NCR Corporation dan AT&T pada tahun 1991 untuk sistem kasir. Namun Saat ini, teknologi WIFI ini telah banyak digunakan pada perangkat mobile seperti Smartphone ,komputer, Laptop hingga ke perangkat elektronik lainnya.

     Teknologi WIFI ini merupakan teknologi yang berbasis pada standar IEEE 802.11. Pemegang merek dagang Wi-Fi yaitu Wi-Fi Alliance mendefinisikan Wi-Fi sebagai produk jaringan wilayah lokal nirkabel (WLAN) apapun yang didasarkan pada standar Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11“. Karena kemampuannya yang memperbolehkan Jaringan Area Lokal (Local Area Network atau LAN) untuk beroperasi tanpa memerlukan kabel (nirkabel).

 

Apa itu Router?

 

     Router merupakan perangkat keras jaringan komputer yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda. Router adalah sebuah alat untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet untuk dapat menuju tujuannya, proses tersebut dinamakan routing.

     Proses routing itu sendiri terjadi pada lapisan 3 dari stack protokol tujuh-lapis OSI. Router terkadang digunakan untuk mengoneksikan 2 buah jaringan yang menggunakan media berbeda, seperti halnya dari Ethernet menuju ke Token Ring. Itulah pengertian router.

 

     Masuk kedalam pembahasan kita kali ini masalah yang sering terjadi adalah koneksi WiFi yang lemot membuat user merasa tidak nyaman apalagi jika koneksi sedang dibutuhkan dalam keadaan penting, terutama bagi perusahaan yang sangat membutuhkan koneksi internet yang lancar,so tunggu apa lagi berikut ulasannya, bagaimana sih cara mengatasi koneksi WiFi yang lemot tanpa harus beli router baru? Berikut adalah beberapa cara mengatasinya :

 

1. Cek Posisi Router

     Peletakan posisi router terkadang dapat berpengaruh terhadap koneksi WiFi dan cukup terabaikan, yang akhirnya membuat koneksi WiFi menjadi lemot, router bekerja mengirimkan sinyal ke semua arah. Karena itu, lebih baik untuk meletakan router diruangan yang memungkinkan router dapat membagikan sinyal tanpa adanya halangan seperti di tengah ruangan tanpa adanya penghalang seperti tembok yang tebal dan sebagainya.

 

2. Jangan Letakkan Router di Lantai

     Ternyata meletakkan router di lantai adalah langkah yang salah. Karena lantai mengandung bahan yang sulit di tembus oleh sinyal WiFi , mengapa begitu? Karena Router didesain untuk mengirimkan sinya ke bawah, jadi lebih baik memposisikan router di tempat yang lebih tinggi, Misalnya menaruhnya di atas lemari atau rak.

 

3. Taruh di Ruangan Terbuka

     Menaruh router di posisi terbaik juga akan membuat jaringan koneksi internet jadi lebih baik dan stabil. Daripada menaruh router di tempat tertutup, kamu dapat mencoba untuk meletakan router di ruangan terbuka yang tidak berbatasan dengan dinding atau pintu, karena itu sulit di tembus oleh sinyal WiFi. Cara paling mudah adalah posisikan router di tempat yang bisa kamu lihat dari berbagai sudut.

 

4. Atur Software Pada Router

     Mungkin hal ini Anda lupakan, mengatur software router juga bisa membuat WiFi di rumah anda lebih stabil. Akses menuju software ini bisa dibuka dengan IP khusus yang bisa dilihat pada bagian bawah router.

Setelah memasuki mode pengaturan, coba untuk mengubah channel frekuensi pada router. Pilih lah channel 1, 6, dan 11 untuk koneksi WiFi yang lebih kencang. Oh ya jangan lupa juga untuk memeriksa update terbaru dari firmware-nya.

5. Jauhkan Dari Perangkat Elektronik Lain

     Jauhkan router Anda dari perangkat elektronik lain, seperti microwave, telepon nirkabel, TV dan perangkat lainnya. Perangkat apapun yang menghasilkan sinyal elektromagnetik bisa mengganggu dan melemahkan kinerja sinyal WiFi.

6. Atur Antena Router Pada Posisi Berdiri

     Atur antena router berada pada posisi vertikal, posisi ini akan membuat sinyal terpancar secara horizontal sehingga WiFi lebih mudah menjangkau seluruh bagian ruangan.

7. Periksa Kekuatan Sinyal

     Gunakan aplikasi seperti Cloudcheck atau Amped saat mengecek sinyal, Anda dapat menentukan bagian mana yang menerima sinyal kuat dan mana bagian yang mendapatkan sinyal lemah.

8. Upgrade Antena

Jika koneksi masih lambat bisa juga Anda upgrade antenanya , cari antena yang lebih besar dan kuat karena antena ini berfungsi untuk menangkap sinyal.

9. Lakukan Speed Test

     Lakukan speed test untuk mengetahui letak masalah koneksi Anda. Coba lakukan dengan koneksi WiFi, kemudian lakukan hal yang sama dengan menggunakan koneksi kabel, jika keduanya sama – sama lambat, kemungkinan masalahnya ada pada penyedia layanan internet Anda.

10. Arahkan Antena ke Arah Yang Berbeda-beda

     Kalau selama ini Anda mengarahkan antena ke arah yang sama, coba untuk mengubahnya. Untuk memaksimalkan sinyal yang dipancarkan, Atur antena ke arah yang berbeda-beda, kemudian cek kecepatan koneksinya. Cara ini bisa membuat WiFi router meng-cover berbagai sudut.

11. Gunakan WiFi Repeater

     Kamu juga bisa memanfaatkan WiFi repeater untuk mengakali sinyal yang lemah atau tidak stabil. Repeater ini berfungsi untuk menerima sinyal kemudian memancarkan kembali sinyal yang diterima dengan lebih kuat. Alat ini cocok buat Anda yang berada di tempat yang susah menerima sinyal WiFi.

12. Terlalu Banyak Pengguna

     Tak menutup kemungkinan, penyebab kelemotan WiFi adalah terlalu banyak pengguna yang memanfaatkan WiFi Anda. jika terlalu banyak yang menggunakan WiFi secara bersamaan maka besar kemungkinan Anda akan kesulitan untuk internetan dengan lancar. pastikan bahwa pengguna WiFi tidak terlalu banyak, atau Anda dapat membatasi jumlah pengguna yang bisa menggunakan WiFi.

13. Beli Router Baru

     Ini adalah pilihan terakhir jika semua cara sudah dicoba dan tidak berhasil dan Anda sudah memastikan tidak ada masalah pada penyedia layanan internet Anda, Anda dapat membeli router baru.

 

     Itulah beberapa cara untuk mengatasi koneksi WiFi Anda yang lemot tanpa harus membeli Router baru yang sudah penulis rangkum dari beberapa sumber, Semoga cara diatas dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah koneksi WiFi, Semoga bermanfaat:).

Sumber : https://www.shopback.co.id/

               https://carisinyal.com/

               https://tekno.kompas.com/


* Baca juga : 
Kelebihan dan Kekurangan Linux Ubuntu Yang Wajib Diketahui